Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Jitu Mengatasi Kurang Darah Dalam Tubuh




Kurang darah atau yang juga disebut anemia merupakan suatu kondisi dimana si penderita mengalami gejala seperti lemah, letih, lesu, lunglai dan lain sebagainya. Anemia merupakan suatu keadaan dimana jumlah Hb yang ada di dalam darah penderita kurang dari jumlah normal.

Salah satu hal yng menjadi latar belakang munculnya kondisi ini ialah penyakit ganas yang menyerang tubuh pasien seperti kanker atau mungkin rendanya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Karena keadaan inilah yang membuat tubuh pasien tidak dapat memproduksi darah baru ketika darah yang lam sudah mengalami masa kadaluarsa.

 Kondisi kurang darah memang sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, pekerjaan menjadi terbengkalai karena Anda selalu merasa lemas setiap waktunya. Lalu bagaimana cara mengatasi kurang darah yang tepat agar jumlah Hb yang ada di dalam tubuh menjadi normal?

Nah, berikut ini akan disajikan beberapa kiat yang tepat bagaimana cara mengatasi kurang darah yang tepat dan benar.

1.    Perbanyak makan sayuran
Sangat penting bagi para penderita anemia untuk banyak mengkonsumsi sayuran seperti bayam, kol, daun katuk, seledri serta kubis. Karena sayuran tersebut banyak mengandung zat besi yang sangat baik untuk pembuatan sel darah merah..

2.    Banyak makan buah

Cara mengatasi kurang darah yang kedua yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah tinggi vitamin agar tubuh dpat menyerap zat besi secara optimal.

3.    Hati jeroan

Hati ayam ataupun hati bebek tinggi akan zat besi zat baik bagi tubuh Anda dan pembuatan sel darah merah.

4.    Daun bawang

Rebuslah daun bawang kemudian campur dengan kuning telur, konsumsi setiap hari agar tubuh Anda menjadi fit.

5.    Kurangi minum kopi dan teh

Hal ini karena kandungan yang ada di dalam kopi dan the akan mempersulit tubuh untuk menyerap zat besi.

Baca Juga : 8 Faktor Penentu Munculnya Keputihan Pada Wanita

6.    Kacang-kacangan

Kacang yang paling baik dikonsumsi oleh penderita anemia yaitu kacang merah dan kacang almond yang tinggi akan zat besi.
Itulah beberapa tips cara mengatasi kurang darah, selain beberapa cara di atas sangat diwajibkan bagi Anda untuk cek laborat agar Anda bisa mengetahui penyebab kurang darah yang Anda alami.

Post a Comment for "6 Tips Jitu Mengatasi Kurang Darah Dalam Tubuh"