Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tepat dan Efektif Mengatasi Perut Kembung Secara Alami


Perut kembung adalah suatu keadaan dimana banyaknya angin yang tersimpan di dalam perut seperti lambung, usus kecil maupun usus besar yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi si penderita. Ini terjadi karena lambung dan limpa tidak bisa berfungsi dengan normal.

Gejala perut kembung yang dialami oleh penderita yaitu seperti begah, perut terasa sakit dan tidak nyaman. Tentunya, kondisi yang satu ini sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Salah satu cara mengobati perut kembung ialah dengan meminum air hangat agar angin yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Cara mengobati perut kembung memang bisa dibilang cukup ampuh. Namun, masih ada cara mengobati perut kembung lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah perut kembung yang satu ini.

1.    Ubahlah pola makan
Salah satu penyebab perut kembung ialah pola makan yang tidak teratur. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengubah pola makan dengan cara mengubah jenis makanan yang akan dikonsumsi seperti kentang, jeruk, anggur, nasi. Hindarilah makanan yang banyak mengandung gas tinggi misal kubis, brokoli, kol dan lain sebagainya.

2.    Perhatikan jenis makanan

Cara mengobati perut kembung yang kedua yaitu dengan memperhatikan jenis makanan tertentu yang akan dimakan. Setiap orang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan yang akan dimakan. Maka dari itu, kenalilah setiap makanan yang akan Anda konsumsi, apakah dapat menyebabkan perut kembung atau tidak.

3.    Makan dengan porsi kecil

Makan dengan pori kecil, yaitu 6 porsi kecil dalam sehari. Makan dengan porsi kecil namun sedikit ini diyakini ampuh untuk mengatasi perut kembung.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Sulit Tidur

4.    Jeruk nipis

Peraslah jeruk nipis kemudian ambil airnya, tambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon. Oleskan pada bagian perut.

5.    Jahe

Cuci bersih 3 potong jahe. Keprek ketiga jahe tersebut lalu kemudian seduh dengan menggunakan air panas tambahkan gula sesuai selera dan minum selagi hangat.

6.    Bawang merah

Parut bawang merah kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon. Usa-usapkan pada bagian perut.

6 cara mengatasi perut kembung di atas merupakan cara yang tepat dan efektif untuk mengatasi masalah perut kembung yang Anda alami.

Post a Comment for "Cara Tepat dan Efektif Mengatasi Perut Kembung Secara Alami"