Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tepat Mengobati Keseleo Tanpa Pijat


Keseleo sangat umum dialami hampir semua orang, terutama bagi mereka yang aktif bergerak dan memiliki banyak aktivitas. Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa keseleo tidak akan menyebabkan kematian, namun hal ini rupanya cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.
  
Bagaimana tidak? Rasa sakit yang dirasakan saat seseorang mengalami keseleo memang terasa begitu menyiksa dan bahkan anggota tubuh yang mengalami keseleo tersebut tidak bisa digerakkan.
  
Lalu, apa sebenarnya penyebab dari keseleo itu sendiri? Dalam bahasa kedokteran, nama lain keseleo ialah sprain. Sprain merupakan cedera ligament yang ada di area sendi. Ligamen itu sendiri merupakan sebuah jaringan serat bersifat kuat dan fleksibel yang menjadi penghubung antara tulang pada sendi.
  
Nah, ketika ligamen yang ada di dalam tubuh Anda mengalami cidera atau trauma maka ligamen akan teregang jauh bahkan robek, hal inilah yang menyebabkan sendi Anda menjadi semakin sakit dan membengkak.
  
Namun, bagaimana cara mengobati keseleo yang tepat untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi ini? Banyak orang yang mengira bahwa cara mengobati keseleo yang tepat ialah dipijat. Tetapi tahukah Anda? Bahwa cara yang satu ini ternyata dapat memperburuk keadaan.
  
Apalagi jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengobati keseleo yang tepat dengan cara dipijat tanpa tahu teknik pemijatan yang baik dan benar. Maka dari itu, untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan, di bawah ini akan disajikan bagaimana cara mengobati keseleo yang baik dan benar tanpa harus dipijat:

1.    Istirahat
Jangan menggerak-gerakkan atau bahkan menekan sendi yang keseleo (seperti dipijat). Anda juga dilarang untuk memaksanya berjalan apalagi diberi beban di atasnya.

2.    Kompres
Mengompres bagian yang keseleo dengan menggunakan es merupakan cara yang tepat untuk mengurangi memar dan rasa sakit. Kompres dengan menggunakan es selama 15 menit setiap jam, jangan lupa lapisi es dengan menggunakan kain tipis.

3.    Penekanan
Ini berfungsi untuk memberikan rasa nyaman, mengurangi peradangan dan menyangga daerah yang terkilir. Gunakan perban elastis pada sendi yang terkilir.

4.    Peninggian
Untuk mengurangi pembekakan, anggota tubuh yang mengalami keseleo atau terkilir harus lebih tinggi daripada jantung.
Itu dia beberapa cara mengobati keseleo tanpa harus dipijat dan sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Tepat Mengobati Keseleo Tanpa Pijat"